TK Adia


Pencarian TK ini sebenernya udah lamaaa... sudah dimulai dari Adia umur 1 tahun mungkin. Nggak kayak PG yang paling gue pentingkan hanya lokasi dan yang lainnya enggak, TK ini makin banyak yang gue pikirin #BanyakPikiran hahahaha.
Awalnya TK yg gue incer adalah TK Karakter yang terletak di dekat rumah dan rata" kriteria yang kita punya buat pemilihan sebuah TK itu cocok. Sayang, Adia nggak bisa masuk TK di tahun 2014 karna umurnya yang masih 3 tahun 8 bulan di bulan Juli pada saat penerimaan tahun ajaran baru.
Disitu gue bener bener sebel. Karna masak seorang anak tidak bisa mendapatkan kesempatan yg sama dengan anak lain karena tahun ajarannya di bulan Juli sik ?! Terus pas gue ubek ubeeekk terus alasan kenapa anak gue belum bisa TK, ternyata masalahnya ada di kematangan emosi anak. Mungkin secara IQ, seorang anak itu mampu buat masuk TK dan SD di bawah umurnya, tapi apakah secara psikologis sudah siap?
(Siap yah Adia kan ya? Hahahaha)
Maka gue berdiskusi dengan Bagol, apakah lebih baik Adia mengulang Playgroupnya dan masuk TK tahun depan atau tetep masuk TK tahun ini ? Setelah kita observasi, rasanya pilihan mengulang playgroup menjadi kurang bijak. Maka kita mulai cari TK yg sesuai dengan perkembangan Adia yang berarti artinya.... coret TK Karakter dari list. Hiks.

Ceritain dulu dari Playgroupnya Adia. Playgroupnya Adia itu menganut kurikulum Montessori yg Full English. Apakah gue sengaja mencari kurikulum tersebut? Tentu tidaaakk.. karna yang penting untuk sebuah playgroup bagi gue adalah SANGAT DEKAT dari rumah. Jalan kaki kalo bisa. Eh dapetnya ya playgroup ini, Kinderstation namanya, jadi ya Alhamdulillah deh. So far perkembangan Adia OK banget disini. Gue dapet laporan setiap hari Adia ngapain aja dan belajar apa aja. Adia jadi suka yg namanya Bahasa Inggris dan Angka. Lalu dia juga punya sahabat yg bernama Chelsea yg setiap hari ke sekolah naik sepeda roda tiga bersama sama.

Melihat hal ini maka kriteria pencarian TK untuk Adia pun bertambah. Yang tadinya adalah lokasi (utama),  basicnya Islami, Halaman sekolahnya luas jadi bisa lari lari, Kurikulum, Faktor guru dsb, jadi gue selipkan tambahan satu hal lagi yaitu Bahasa pengantar yang jika boleh bahasa Inggris.
Semoga semua hal tersebut bisa menjawab satu tujuan gue sama Bagol yaitu Adia bisa senang berangkat ke sekolah :)
Oiya, kriteria biaya tentunya ada. Tapi gue sm Bagol sudah menentukan budget awal dari sebelumnya, jadi tentu saja faktor biaya sudah tersaring duluan yah hehehe

Pertama tama gue mencari Sekolah Alam, gue tertarik sama konsep pengajarannya yang mengasyikkan sehingga anak belajar sambil melihat contoh yang ada pada alam sekitar, nggak melulu di dalam kelas duduk dan guru menerangkan di depan papan tulis. Tapi ternyata sekolah alam itu lokasinya jauuhh banget dari rumah gue (Kurang lebih satu jam), jadi coret deh. Hiks.
Lalu ada juga Komimonya Kak Seto. Tapi lokasinya di Ruko jadi halaman sekolahnya nggak ada. Lalu Kinderfield Depok yang kabarnya mau dibikin gedung sekolah, tp bukan sekolah Islami. Kalo dari kriteria awal gak masuk, gue nggak akan review lebih lanjut soalnya.

Lalu mulailah Bagol menyarankan sekolah TKnya dahulu yaitu TK PB Sudirman. TK PB Sudirman ini letaknya di tengah antara rumah gue dan rumah mertua, sehingga dari lokasi sungguh sempurna. Gue datang kesana akhirnya. Gedung sekolahnya sendiri luas sekali karena dari PG-TK-SMA ada disitu semua. Walaupun TKnya dipisah (ada tempat sendiri) tapi tetep aja gue takut Adia sewaktu waktu nyasar disana hehehe.
Gue suka disini sistem kelasnya Moving Class. Lalu juga ada kolam renangnya! Tapi mungkin karena TK lama kali yah, jadi guru"nya pun sudah tidak muda lagi dan gue melihat ada satu guru yg kelihatan nggak sabar meladeni beberapa anak :D
Ohiya yg gak gue suka lagi adalah lingkungan sekitarnya. Karena Gedungnya disatukan sampai SMA, jadi banyak siswa yg  nongkrong nongkrong gitu sambil ngerokok di warung  depan sekolahan -____-


Halaman TK PB Sudirman. Banyak mainannya kok!

Kolam renang yang sempat bikin Adia terpesona

Lorong sekolah TK PB Sudirman


Mempertimbangkan lokasi yang sempurna, gue udah beli formulir dan waiting list segala di TK PB Sudirman ini nih, sampai akhirnya gue melihat TK Al Fauzien...

Adia yang kesenengan liat lapangan bola dan basket -____-

pas ditanya "Adia pilih mana kolam renang atau lapangan bola?" jawabnya : " Ya lapangan bola dong ibuuu..."

Permainannya dibagi jadi dua. Buat PG dan buat TK. Kalo ini buat TK


Sekolah Islam Al Fauzien ini akhirnya memenuhi sebagian besar dari kriteria yang gue cari. Apalagi ternyata sekolahnya Full Eglish buat bahasa pengantarnya. Gedung sekolahnya sendiri hanya PG, TK dan SD lalu bangunannya menyatu namun terpisah satu sama lain. Lingkungannya OK karena berada di dalam perumahan. Sistem kelasnya moving class, halamannya luas lalu gurunya juga masih muda muda dan semangat, jadi kayak ada tenaga berlebih gitu hahaha. Yang gue kurang suka dari sekolahnya hanya wcnya dan lokasinya yg jauh dr rumah mertua :(
Tetapi keputusan harus segera dibuat. Maka gue dan Bagol melepaskan TK PB Sudirman untuk masuk ke TK Al Fauzien ini. Bismillahirahmanirahimmm...

Sebenernya gue sama Bagol ingin Adia merasakan segala hal dari sisi pendidikan sih. Kita pengen dia masuk di sekolah Islam, Kita pengen dia masuk di sekolah swasta, Kita pengen dia masuk di sekolah negri, Kita pengen dia masuk di sekolah Katolik, dan Kita juga pengen banget nyekolahin Adia sampai luar negeri. Kita mau Adia merasakan semua intinya! Jadi dia gak punya sifat arogansi pada satu hal karna dia cuma ngerasain itu doang. Adia harus bisa melihat semuanya dari kacamata yang berbeda, karena itulah awal dia bisa menentukan cia citanya.

InshaAllah ya nak, Ayah dan Ibu bisa memberikanmu pondasi untuk tetap bisa meraih segala mimpi.
Because its all that matters.... Its all that start anything.
A Dream.

18 comments :

  1. Thank you for the review and choosing us to share the education with your beloved one.

    ReplyDelete
  2. mba novita, play group nya adia alamatnya dmn ya?

    ReplyDelete
  3. Mbak, Alamatnya itu di dalam Komplek Bumi Harapan Permai. Namanya sekarang berubah jadi Rainbow

    ReplyDelete
    Replies
    1. di komplek BHP nya seblah mana yaa mom ? aku cuma tau disitu ada paud ria pembangunan.. boleh dikasih tau lengkapnya aku mau survey buat anaku..

      Delete
  4. Omaigat.. Ini Novita NPA? Msh inget ekeh gak....pa kbr say 😚 diDepok jg?? Same place qt ternyata. Hahahaa. Adia tk ya skg? Al br tahun depan, udah mulai hunting jg siy dr skg. Al lg mo trial di Karakter, waiting list book mo msk situ. Edun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkk... Sorry Wa, gw baru engeh postingan lu thn 2014 #gubrak :p

      Delete
  5. Sheeeyy hahahaha.. ketemu Laszlo kemaren.. gantengnya aalll..

    ReplyDelete
  6. Mbak, boleh saya tahu review sekolah adia di tk al fauzien? Rencananya saya mau memasukkan anak saya disitu mbak. Plus minus tk disana bagaimana ya mbak. Terimakasih

    ReplyDelete
  7. iya penasaran sm review setelah masukin ke alfauzien..gimana mbak ? terima kasih

    ReplyDelete
  8. iya penasaran sm review setelah masukin ke alfauzien..gimana mbak ? terima kasih

    ReplyDelete
  9. Mbak Atik dan Mbak Hana, so far saya puas sama sistem pengajaran Al Fauzien. Anak Anak tidak dipaksa belajar membaca misalnya, namun lebih diajarkan untuk suka buku terlebih dahulu sehingga menggiring minat anak untuk membaca. Kreatifitas dan entrepreneurship sejak dini juga sannat gencar ditanamkan.

    Banyak sekali yang harus dipaparkan nanti jika sempat saya akan memaparkannya dalam satu postingan yah.

    ReplyDelete
  10. Ditunggu postingannya review al fauzien ya mba...lanjut sd disana kah?

    ReplyDelete
  11. Adia tidak melanjutkan disana karna dua faktor yaitu usia adia yang belum cukup umur untuk masuk SD dan mau cari yang lebih dekat dari rumah. itu saja :)

    ReplyDelete
  12. Mbak sekedar koreksi ya , untuk TK Islam PB Sudirman disebutkan depannya ada warung jadi anak anak SMA nongkrong dan merokok disana... Alhamdulillah anak saya 3 SD nya disana , dan yg saya tahu tidak ada warung di depan TK nya tapi di seberang jalan yg jauh dari TK nya ( saya rasa anak TK tidak mungkin sampai sana ? ...dan selama 12 tahun saya mengantar jemput anak saya disana sering makan di warung warung itu belum pernah sih melihat anak anak SMA yg merokok...

    ReplyDelete
  13. Thank you mbak Arzeta untuk koreksinya. Iya betul letak warung itu di lebih tepatnya di seberang depan sekolah. Waktu itu sih saya lihat sedang merokok mbak, entah anak SMA mana saya tidak tahu sehingga saya memutuskan lingkungannya tidak cocok untuk anak saya , karna walau anak TK tidak sampai sana tetap mereka dapat melihatnya.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. halo mbak boleh minta infonya mengenai proses pendaftaran dan perkiraan jadwal pendaftaran di al fauzien sampai anak dikatakan diterima? untuk bayaran keseluaruhan di awal masuk sekitar berapa ya ? besar harapan komen saya di balas :)

    ReplyDelete

My Instagram

Made with by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates